02/12/2011

Nama Kecamatan ada kejanggalan

Pada tgl 4 Okt 1999 Rokanhilir resmi dibentuk menjadi Kabupaten baru di propinsi Riau, Indonesia. Dan pada saat ini sudah terdiri dari 15 kecamatan, karena sudah di mekarkan.

15 kecamatan tersebut adalah:

  1. Kec.Bangko
  2. Kec.Kubu
  3. Kec.Tanahputih
  4. Kec.Sinoboi
  5. Kec.Pasir limau kapas
  6. Kec.Batu hampar
  7. Kec.Rimba melintang
  8. Kec.Bangko pusako
  9. Kec.Tanah putih
    tanjung melawan
  10. Kec.Pujud
  11. Kec.Bagan sinembah
  12. Kec.Rantau kopar
  13. Kec.Simp. Kanan
  14. Kec.Pekaitan. Dan
  15. Kec.Kubu babus salam

Dari 15 kecamatan tersebut, ada beberapa Kecamatan yang namanya agak kurang pas kalau dinilai dari nama kecamatan tersebut. Karena nama daerah yang diambil untuk penamaan kecamatan tersebut sudah tidak lagi berada dalam wilayah kecamatan itu sendiri. seperti Kec.Bangko dan Kec.Tanah Putih.

Kecamatan Bangko.

Kecamatan Bangko adalah Kecamatan yang Kantor Kepemeritahannya berada di Kota Bagansiapiapi. Kota Bagansiapiapi tersebut berada disekitar Muara Sungai Rokan.

Nama Kecamatan Bangko diambil dari nama sebuah sungai yang bernama sungai Bangko, dan sekaligus nama sebuah desa yang berada disekitar muara sungai Bangko, yang berjarak sekitar 50 km kearah hulu sungai Rokan. Setelah kecamatan Bangko mengalami pemekaran, maka Desa Bangko maupun Sungai Bangko tersebut sudah tidak lagi berada di wilayah kecamatan Bangko itu sendiri, tapi sudah berada diluar dari wilayah kecamatannya. Dan Desa Bangko itu sendiri sudah dibentuk menjadi Kecamatan baru dengan nama kecamatan Bangko pusako.

Kecamatan Tanah Putih.

Kecamatan Tanah Putih adalah Kecamatan yang Kantor Kepemerintahannya berada di Desa Sedinginan. Nama Kecamatan Tanah putih diambil dari nama sebuah Desa yang terletak sekitar 25 km dari Desa Sedinginan. Setelah Kecamatan Tanah Putih mengalami pemekaran, maka Desa Tanah Putih tersebut tidak lagi berada didalam wilayah Kecamatan itu sendiri. Tapi sudah berada diluar kecamatannya. Dan Desa Tanah Putih itu sendiri sudah dibentuk menjadi Kecamatan baru dengan nama Kec.Tanah Putih Tanjung Melawan.

Dan adalagi Kecamatan yang baru tersebut, nama kecamatannya diambil dari nama sebuah Desa yang jaraknya juga jauh dari kedudukan kantor pemerintahannya, seperti kecamatan Bangkopusako. Kecamatan Bangko Pusako ini yang duduk Kantor pemerintahannya berada di Desa Bangko kanan, sementara Desa Bangko Pusako tersebut letaknya jauh dari kantor pemerintahannya. Sehingga kedepannya kalau terjadi pemekaran, jumpa lagi kejadian seperti ini.

Maunya Buat Instansi terkait, kalaulah membuat nama kecamatan dari nama daerah, ambillah nama daerah dimana kantor pemerintahan tetsebut berdiri, supaya kedepannya tidak terjadi lagi yang seperti ini.||



Maaf, sekiranya ada tulisan dalam postingan ini yang kurang berkenan



2 komentar:

Ridho Ramidianto mengatakan...

Blog Walking Dari anak bagansiapiapi...

www.ridho-r.com

Marin Kurniawan mengatakan...

Salam kenal buat saudara yg tlh berkunjung disini.