13/10/2011

JEMBATAN PEDAMARAN

Dua orang anak yang sedang menyaksikan pembangunan jembatan Pedamaran dari kejauhan.


Bagansiapiapi ::

Pembangunan Jembatan kembar Pedamaran-I dan Pedamaran-II di Batu-8 Desa Labuhantanggabesar Kec. Bangko Kab. Rokanhilr Riau, masih dalam pengerjaan.

Proyek multiyear tersebut di kerjakan oleh perusahaan PT.Waskita Karya.

Pembangunan jembatan tersebut diperkirakan akan menelan biaya sekitar Rp. 230 milyar tiap jembatannya.
Pengerjaannya di lakukan secara bertahap, karena dana tersebut di anggarkan dalam tiga tahun anggaran APBD Rokanhilir.

Dana pembangunan jembatan Pedamaran-I benar-benar murni dari pemkab Rokanhilir, karena seluruh biayanya di alokasikan dari anggaran APBD pemerintah kabupaten Rokanhilir, ungkap kepala Bapeda Rokanhilir Drs H wan Amir Firdaus Msi.
Lain halnya dengan jembatan pedamaran-II, karena pemerintah kabupaten akan mengadakan sharing dengan pemerintah propinsi dan pemerintah pusat, untuk mendukung atas pembangunan jembatan tersebut.


Kepala Bapeda pemkab Rokanhilir Drs H wan Amir Firdaus Msi mengatakan, sampai saat ini pembangunan jembatan tersebut masih berjalan lancar.

Pada thn 2010 lalu pemerintah kabupaten mengalokasikan dana sekitar Rp.100 milyar lebih. Dan pada thn 2011 pemerintah kabupaten juga mengalokasikan lagi lebih dari Rp.100 milyar.

Fisik dari jembatan Pedamaran-I mempunyai empat lajur serta di lengkapi dengan trotoar untuk memudahkan bagi pejalan kaki yang ingin menyaksikan keindahan atau keunikan pemandangan yang ada dipulau Pedamaran tersebut atau Pulau "Tuan syehk" menurut sebutan warga setempat, seperti penampakan buaya-buaya liar dan gelombang-gelombang Bono yang sangat besar.
Sedangkan fisik dari jembatan Pedamaran-II dibangun dengan dua lajur, tetapi agak lebar.

Dan di pulau ini akan di bangun juga jalan-jalan dan fasilitas-fasilitas lainnya. Karena pulau ini akan di jadikan sebagai objek wisata.
Nantinya jembatan Pedamaran ini akan menjadi sarana penghubung ke jalan lintas pantai pesisir di kabupaten Rokanhilir. Daerah yang terhubung seperti kec. Bangko, kec. Bangkopusako, kec. Kubu, kecamatan Pasirliamaukapas dan sampai di kec. Bagansinembah. Jadi kalau dari Bagansiapiapi mau menuju ke Baganbatu, kita sudah bisa menempuh jalan lintas pesisir ini, karena jarak yang ditempuh, jauh lebih singkat bila di bandingkan dengan menempuh jalan lintas Ujung tanjung.

Sementara jalan lintas pesisir dari Bagansiapiapi ke kota Dumai akan di bangun juga dengan secepatnya ::


Mudah-mudahan program dari orang nomor satu di Rokanhilir ini cepat rampung dan tidak terjadi suatu kendala apapun ::



::Dihimpun dari berbagai sumber::

Tidak ada komentar: